Terbatasnya sumber Informasi di daerah perbatasan

Informasi adalah segala hal yang dapat digunakan oleh seseorang sehingga mengetahui tentang hal yang baru,dan mempunyai ciri-ciri yaitu, dapat dilihat, dibaca dan dipelajari, diteliti, dikaji dan dianalisis  dimanfaatkan dan dikembangkan didalam kegiatan-kegiatan pendidikan, penelitian, laboratorium, ditransformasikan kepada orang lain.

Minimnya infrastuktur pendukung seperti transportasi dan komunikasi juga perlu mendapatkan perhatian. Di wilayah perbatasan jarang ditemukan alat transportasi dan komunikasi yang memadai untuk membantu akses masyarakatnya menuju dearah lain untuk mencari kebutuhan hidup. Media informasi yang ada juga sangat terbatas sehingga tidak bisa dipungkiri masyarakat di wilayah perbatasan menjadi buta akan teknologi dan informasi. Keaadaan yang kurang layak ini menjadikan masyarakat wilayah perbatasan menjadi terbelakang dan sulit berkembang seperti masyarakat-masyarakat perkotaan pada umumnya.
Tidak hanya masalah infrastruktur dan fasilitas yang perlu ditinjau kembali. Kita ketahui bersama masyarakat wilayah perbatasan laut hidup berdampingan dengan sumber daya alam yang begitu melimpah ruah. Namun tidak adanya pengetahuan dan kemampuan menjadikan produktifitas masyarakat pebatasan sangatlah tidak optimal.

Semua permasalahan yang berkaitan dengan pembangunan wilayah perbatasan ini merupakan kunci pokok yang menimbulkan kesenjangan sosial pada masyarakat wilayah perbatasan. Jika dicerna dan diruntut kembali masalah yang telah dijabarkan di atas adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan timbulnya kemiskinan di kalangan masyarakat wilayah perbatasan.

dengan itu untuk daerah perbatasan sarana dan prasarana komunikasi sangat diperlukan untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi. Baik itu dari pusat ke daerah maupun antar daerah, khususnya pada daerah terpencil maupun perbatasan yang minim sarana komunikasi.

Pengembangan sistem Komunikasi, sangat diperlukan pada daerah-daerah perbatasan yang belum terjangkau. Akan tetapi jika dapat memperoleh atau mengakses informasi dan komunikasi dapat meningkatkan kesejahteraan di tiap-tiap daerah perbatasan.

Dengan adanya sarana komunikasi dengan menggunakan satelit atau yang lainnya diharapkan dapat mampu mendukung pengembangan dan peningkatan kelancaran arus informasi secara cepat dan akurat.

Karena akses informasi akan menjadi lebih terbuka dan masyarakat di kecamatan-kecamatan akan lebih mudah mengakses informasi. Khususnya bagi pelajar dalam mengakses mata pelajaran melalui internet.

Sumber :

http://dadangdaelimi.wordpress.com/2013/01/14/ilmu-pengetahuan-teknologi-dan-kemiskinan/

http://gekelagege.blogspot.com/2012/12/masyarakat-perbatasan-bagaikan-anak-tiri.html

http://www.kalimantan-news.com/berita.php?idb=13446

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s