Mobile Banking dan SMS Banking

Pendahuluan

 

Perbankan Elekronik (bahasa Inggris: E-banking) adalah salah satu sektor yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah perbankan, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di sektor perbankan nasional relatif lebih maju dibandingkan sektor lainnya. Perbankan elektronik mencakup wilayah yang luas dari teknologi yang berkembang pesat akhir-akhir ini. Beberapa diantaranya terkait dengan layanan perbankan di “garis depan”, seperti ATM dan komputerisiasi (sistem) perbankan, dan beberapa kelompok lainnya bersifat “garis belakang”, yaitu teknologi-teknologi yang digunakan oleh lembaga keuangan, ‘merchant, atau penyedia jasa transaksi..

 

Pembahasan

Mobile banking

 

Adalah layanan perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon selular/handphone GSM

(Global for Mobile Communication) dengan menggunakan SMS (Short Message Service).

Arti istilah Mobile Banking dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut atau disingkat dengan M-Banking. Fasilitas perbankan melalui komunikasi bergerak seperti handphone. Dengan penyediaan fasilitas yang hampir sama dengan ATM kecuali mengambil uang cash.

 

Arti istilah SMS Banking merupakan layanan yang disediakan Bank menggunakan sarana SMS untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan informasi keuangan , misalnya cek saldo, mutasi rekening dan sebagainya.

 

Hampir semua bank di Indonesia telah menyediakan fasilitas M-Bankingnya baik berupa SIMtolkit (Menu Layanan Data) maupun sms plain (sms manual) atau dikenal dengan istilah sms banking.Untuk operator GSM sudah support untuk transaksi via mobile banking namun untuk operator CDMA masih ada yang belum mendukung layanan mobile banking.

 

 

Jenis Transaksi

 

−        Transfer dana

−        Informasi saldo, mutasi rekening, Informasi nilai tukar

−        Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi)

−        Pembelian (pulsa isi ulang, saham)

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi Mobile Banking

 

−        Anda wajib mengamankan PIN Mobile Banking

−        Anda bebas membuat PIN sendiri. Jika merasa diketahui oleh orang lain, segera melakukan penggantian PIN.

−        Bilamana SIM Card GSM Anda hilang/dicuri/ dipindahtangankan kepada pihak lain, segera

−        beritahukan bank Anda terdekat atau segera telepon ke Call Center bank tersebut.

 

keuntungan yang dapat diberikan oleh mobile banking adalah sebagai berikut:

−        Mobile banking memiliki kelebihan dibandingkan internet banking. Untuk mengakses online banking, nasabah harus memiliki koneksi internet dan komputer. Ini merupakan masalah bagi negara-negara berkembang karena tidak semua orang memiliki komputer ataupun jaringan internet. Akan tetapi pada mobile banking, konektivitas bukan merupakan masalah. Nasabah bisa mendapatkan konektivitas mobile meskipun pada daerah terpencil dan juga pada saat memiliki masalah dengan jaringan internet.

−        Nasabah dapat membuat transaksi atau membayar tagihan kapanpun. Mobile banking menghemat banyak waktu.

−        Mobile banking melalui HP sangat mudah untuk dimengerti. Tampilan dari mobile banking juga sangat simple. Nasabah hanya perlu mengikuti instruksi untuk melakukan transaksi. Hal ini juga menghemat pencatatan dari transaksi yang dilakukan.

−        Mobile banking mengefektifkan biaya. Kebanyakan bank menyediakan fasilitas mobile banking dengan biaya yang rendah dibandingkan online banking.

−        Mobile banking mengurangi resiko penipuan. Nasabah akan mendapatkan SMS ketika terdapat aktivitas pada rekening nasabah. Ini meliputi setoran, penarikan uang, transfer antar rekening, dan lainnya. Nasabah akan menerima pemberitahuan ketika terdapat pergerakan pada rekening nasabah.

−        Mobile banking juga memberikan keuntungan bagi bank. Mobile banking mengurangi biaya dari tele-banking dan lebih ekonomis.

−        Mobile banking melalui HP sangat menguntungkan bagi bank karena merupakan fasilitas tambahan yang mempermudah konsumen melakukan transaksi, sehingga bank dapat meningkatkan kepuasan nasabah mereka.

−        Bank dapat menjangkau nasabah mereka dengan mobile banking.

−        Bank juga dapat melakukan promosi dan menjual produk mereka dan layanan seperti kartu kredit, pinjaman, dan lainnya pada kelompok nasabah tertentu.

−        Berbagai layanan seperti informasi kredit/debit, informasi pembayaran rekening, informasi jumlah tabungan, histori transaksi, fasilitas pengiriman uang, dan lainnya dapat diakses langsung melalui HP nasabah.

−        Nasabah dapat mentransfer uang secara langsung pada rekening bank yang sama maupun beda melalui mobile banking.

 

Sms Banking

 

Adalah layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon Selular/handphone dengan menggunakan media SMS (short message service).

 

Arti istilah SMS Banking merupakan layanan yang disediakan Bank menggunakan sarana SMS untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan informasi keuangan , misalnya cek saldo, mutasi rekening dan sebagainya.

Hampir semua bank di Indonesia telah menyediakan fasilitas M-Bankingnya baik berupa SIMtolkit (Menu Layanan Data) maupun sms plain (sms manual) atau dikenal dengan istilah sms banking.

 

Jenis Transaksi :

 

−        Transfer dana

−        Informasi saldo, mutasi rekening

−        Pembayaran (kartu kredit)

−        Pembelian (pulsa isi ulang)

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi SMS Banking

 

−        Jangan memberitahukan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda kepada orang lain

−        Jangan mencatat dan menyimpan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda di tempat yang mudah diketahui oleh orang lain.

−        Setiap kali melakukan transaksi melalui SMSBanking, tunggulah beberapa saat hingga

Anda menerima response balik atas transaksi tersebut.

−        Untuk setiap transaksi, Anda akan menerima pesan notifikasi atas transaksi berupa SMS

yang akan tersimpan di dalam inbox.

manfaat SMS banking yang sudah kucicipi yaitu :

−         Memudahkan transfer antar rekening dan pembayaran tagihan dimanapun dan kapanpun.

−         Memudahkan pembayaran jika mengadakan transaksi online di internet.

−         Memudahkan pengencekan Saldo terakhir yang ada di rekening termasuk bisa melihat 5 list transaksi terakhir aktivitas rekening.

−         Bisa tau dengan segera apabila Transferan gaji sudah masuk rekening tabungan

Kesimpulan

 

Kesimpulan saya adalah sekarang ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat kita dapat mudah melakukan transaksi bank hanya dengan sms dimanapun kapanpun.

 

Sumber :

putraaldy.blogspot.com/2012/01/pengertian-mobile-banking.html

http://www.bi.go.id/NR/rdonlyres/…/MengenalElectronicBanking.pdf

ria.choosen.net/2010/02/24/manfaat-sms-banking/

okky-go-blog.blogspot.com/2011/05/keuntungan-dan-kekurangan-dari.html

en.wikipedia.org/wiki/Mobile_banking

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s