SDCL

Tulisan ini saya sedikit membahas tentang SDCL dan beberapa fase-fasenya. siklus hidup pengembangan sistem atau System Development Lyfe Cycle (SDCL) yaitu pengembangan perangkat lunak yang terdiri dari beberapa tahapan-tahapan pekerjaan yang dilakukan oleh analis sistem dan programmer dalam membangun sistem informasi. Terdapat beberapa tahapan-tahapan  untuk menganalisa kebutuhan yang ada. Setelah itu kebutuhan itu diimplementasikan dengan beberapa tahap yaitu tahap analisa dan tahap evaluasi.

kegunaan utama dari SDLC adalah mengakomodasi beberapa kebutuhan. Kebutuhan-kebutuhan itu biasanya berasal dari kebutuhan pengguna akhir dan juga pengadaan perbaikan sejumlah masalah yang terkait dengan pengembangan perangkat lunak. Dalam siklus hidup SDCL terdapat enam langkah. Langkah pertama Analisis sistem, kedua spesifikasi kebutuhan sistem, ketiga perancangan sistem, keempat pengembangan sistem, kelima penujian sistem, dan keenam implementasi dan pemeliharaan sistem. Langkah-langkah siklus SDCL itu dijalankan secara berurutan. Kemudian fase-fase SDCL adalah sebagai berikut yaitu Fase requirement dan analisis, Fase design, Fase construction / coding,  Fase testing,  Fase deployment, Fase maintenance. Fase-fase tersebut merupakan suatu disiplin ilmu dan pendekatan secara sistematik yang membagi pembuatan sebuah software untuk SDCL.

Kesimpulan dari SDCL yaitu suatu sistem pengembangan perangkat lunak untuk suatu sistem informasi dan dapat membantu dalam dunia kerja.  Saran saya mungkin kita dapat terus mengembangkan SDCL karena sesuatu kebutuhan yang tak akan pernah habis dalam suatu sistem informasi.

 

Refrensi :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s