EDI dan IOS

EDI (Electronic Data Interchange) & Information Organisation System (IOS) saling memiliki hubungan. perkembangan EDI menimbulkan efek yang signifikan terhadap proses bisnis dengan terlihat adanya otomatisasi aliran informasi dan pengurangan tenaga kerja dalam proses bisnis serta adanya prosedure yang mengatur kerjasama dengan patner. Dan juga informasi yang di dapat lebih cepat.

EDI adalah pertukaran data komputer antar aplikasi melintasi batas-batas organisasi, sehingga intervensi manusia atau interpretasi atas data tersebut oleh manusia dapat ditekan seminimum mungkin. Sedangkan IOS merupakan suatu IOS (system antar organisasi) kadang-kadang disebut system informasi antar organisasi, adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu system tunggal. Manfaat EDI secara Umum adalah: Mengurangi kesalahan ,  Mengurangi biaya,  Meningkatkan efisiensi operasional ,Meningkatkan kemampuan bersaing , Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang  dan Meningkatkan pelayanan pelanggan. Ada alasan organisasi mungkin mengejar IOS berikut alasanya : Mengurangi risiko dalam organisasi, Mengejar skala ekonomi, Manfaat dari pertukaran teknologi, Meningkatkan daya saing, Mengatasi hambatan investasi, Mendorong komunikasi global.

Kesimpulan dari tulisan ini mulai sekarang kita dapat menerapkan EDI untuk berbisnis karena dengan EDI banyak keuntungnya untuk bisnis kita, banyak keuntungan dari penggunaan EDI. Dengan EDI juga sangat berhubungan dengan e-commers untuk segala transaksi bisnis dengan teknologi. Saran saya segerah memulai bisnis dengan  cara ini, dengan cara ini, mungkin dapat mengefisienkan transaksi.

Refrensi :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s