perkembangan CBSI

Perkembangan CBSI

CBSI (computer based information system) merupakan suatu sistem pengolahan untuk alat batu pengambilan keputusan, analisis dan visualisasi. Dengan menggunakan  CBSI semua peolahan data dapat selesai  terselesaikan dengan bai dan cepat.

Menurut stair (1991) CBSI adalah suatu organisasi terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data base, telekomunikasi, manusia dan prosedur.  Perangkat kerasnya adalah komponen yang melengkapi, memproses dan mengeluarkan data, perangkat lunaknya adlah program dan instruksinya, databasenya adalah kumulan datanya, telekomunikasinya adalah hubungan komunikasi antara pengguna dan perawatan sistemnya, manusianya meliputi manajer, analis, programer, dan operator, serta tanggung jawab terhadap sistemnya, sedangkan prosedurnya tatacara yang meliputi strategi, kebijakan, metode, dan peraturan-peraturan dalam sistemnya.

Pengembangan CBIS mengikuti system life cycle, yang terdiri dari : Tahap Perencanaan, Tahap Analisis, Tahap Rancangan, Tahap Penerapan, dan Tahap Penggunaan. Siklus hidup suatu sistem bisa berlangsung beberapa bulan ataupun beberapa tahun (dalam satuan bulan atau tahun).  Seiring berkembangnya CBIS, manajer merencanakan siklus hidup dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat. Setelah penerapan, manajer mengendalikan CBIS untuk memastikan bahwa sistem tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan. Dalam CBSI terdapat 5 golongan spsialis informasi yaitu : system analis, database administrator, network specialist, programmer, operator. Semua spesialis ini mendukung kerja manajer dalam pengambilan keputusan.

Kesimpulan dari penulisan ini adalah bahwa CBSI itu sangat berperan penting dalam pengambilan keputusan dengan CBSI semua urusan dapat terorganisasi dengan baik karena sudah terdapat tugas-tugas yang telah di bagi-bagi sehingga masalah yang ada lebih cepat terselesaikan. Saran saya dalam penerapannya CBSI ini harus di dukung oleh orang-orang yang sangat ahli dalam bidang informasi agar semua permasalahan terselesaika dengan baik.

Refrensi :

  • Google
  • li3zn4-lisna.blogspot.com/2009/04/perkembangan-sistem-informasi-berbasis.html
  • wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/cbis-8/
  • kaskus.us/blog.php?b=20502&goto=next
  • wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/09/komponen-komponen-pendukung-sim-2/
  • id.wikipedia.org
  • gudangmateri.com
  • yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s