E-Commerce

E-Commerce

E-Commerce / Electronic Commerce (e-business) merupakan kegiatan bisnis yang dijalankan (misalnya transaksi bisnis) secara elektronik melalui suatu jaringan (biasanya internet) dan komputer atau kegiatan jual – beli barang atau jasa (atau mentransfer uang) melalui jalur komunikasi digital. Dan prosenya lebih cepat dan menghemat waktu dan biaya.

Menurut Gary Coulter dan John Buddemeir (E-commerce Outline) : e-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, pemesanan produk, yang semuanya dikerjakan melalui internet. Beberapa perusahaan memilih untuk menggunakan kegiatan bisnis ini sebagai tambahan metode bisnis tradisional, sementara yang lainnya menggunakan internet secara eksklusif untuk mendapatkan para pelanggan yang berpotensi. Dengan menggunakan e-commerce sistem informasi untuk transaksi lebih cepat karena menggunakan internet.

E-Commerce memiliki jenis, yaitu : beberapa jenis, yaitu:

  • *Business to business (B2B): Bisnis antara perusahaan dengan perusahaan lain
  • *Business to consumer (B2C): Retail, sifatnya melayani pelanggan yang bervariasi
  • *Consumer to consumer (C2C): Sifarnya lelang (auction)
  • *Government: G2G, G2B, G2C : hubunganya dengan pemerintah

Perkembangan e-commerce di Indonesia sendiri telah ada sejak tahun 1996, dengan berdirinya Dyviacom Intrabumi atau D-Net (www.dnet.net.id) sebagai perintis transaksi online. Kehadiran e-commerce sebagai media transaksi baru ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses perniagaan dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu. E-commerce sangat menguntungkan karena pasarnya masih sedikit dan perkembangan internet semakin cepat jadi bisnis E-commerce masih sangat menjanjikan. Di Indonesia, E-commerce masih kurang karena belum banyak perusahaan yg menggunakan E-commerce sebagai alat untuk transaksi untuk perusahaanya.

manfaat dan kendala dari E-Commerce
Manfaat dari E-Commerce :
1. Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
2. Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
3. Pengembangan atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.
Kendala dari E-Commerce :
1. Biaya tinggi.
2. Masalah keamanan
3. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.

Kesimpulan dari penulisan ini adalah E-commerce sekarang sedang berkembang di Indonesia, sekarang mulai banyak perusahaan memakai E-commerce untuk alat transaksinya, karena akan lebih mudah dalam bertransaksi untuk dagangan perusahaan tersebut. Saran saya mungkin kita dapat mencoba E-commerce untuk transaksi pembelian, penjualan barang yg kita inginkan.

Referensi :

  • Google.com
  • http://www.sentralweb.com/
  • cert.or.id/~budi/presentations/e-commerce-indonesia.ppt Anggraeni Srihartati0905017012
  • matabumi.com/cerita/perkembangan-e-commerce-di-indonesia
  • yahoo.com
  • safri-lubis.info/file
  • e-commerce.site90.net/2008/10/03/perkembangan-e-commerce/
  • indoshopguide.com/index.php/artikel/18-prospek-e-commerce-di-indonesia.html
  • yatno.info/index.php?option=com_content&view=article&id=21%3Aperkembangan-e-commerce-di-indonesia&catid=10%3Ae-commerce&Itemid=15&lang=en\
  • blog.ub.ac.id/mohamadmuhdin/2010/03/11/tugas-1/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s