Hubungan SIM

Hubungan SIM

Dalam penulisan kali ini saya akan menggambarkan bagaimana hubungan SIM (sistem informasi manajemen) itu berkaitan  dengan berbagai penyajian segala macam informasi baik dalam pekerjaan atau perusahaan maupun kehidupan sehari-hari. Lalu struktur informasi apa yang digunakan dalam pekerjaan maupun keseharian.

SIM (sistem informasi manajemen) merupakan metode formal yang menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan , operasi secara efektif dan pengendalian (Stoner, 1996).  SIM sangat berhubungan dan berkaitan dengan perusahaan karena berhubungan manajerial dalam perusahaan. Bagaimana suatu perusahaan itu menyajikan data lalu mengolah data hingga dapat mengambil keputusan dari sebuah data tersebut. Dan struktur sistem informasi apa yang digunakan oleh perusahaan tersebut. Lalu Struktur sistem informasi pada dasarnya dibedakan menjadi dua yaitu sistem yang terstruktur (formal) dan sistem yang tidak terstruktur (non formal). Sistem yang formal sistem yang lebih kesebuah aturan organisasi yang berlaku dalam sebuah organisasi. Sedangkan yang nonformal lebih ke yang tidak terlalu mengikuti peraturan yang berlaku.

Menurut saya peranan SIM (sistem informasi nanajemen)sangat penting di dalam perusahaan karena dapat memberikan solusi atau menyelesaikan masalah yang ada dalam sebuah organisasi perusahaan. Perusahaan yang baik dapat mengelolah suatu informasi yang didapat dan dapat mengelolah informasi tersebut dengan baik untuk mengambilan keputusan dalam suatu penyelesaian permasalahan. Perusahaan yang menggunakan struktur sistem informasi formal mungkin dapat lebih teratur dalam pengambilan keputusannya, kerena keputusannya diambil oleh seorang pemegang jabatan jadi keputusan diambil hanya oleh seseorang tanpa ada campur tangan orang lain. Sedangkan untuk perusahaan yang menggunakan struktur non formal mungkin dapat bermusyawarah dengan yang lain dalam orgainsasinya untuk pengambilan keputusannya. Sebagai contohnya ketika sebuah perusahaan membuat daftar absensi menggunakan database karena lebih memudahkan dalam pendataanya.

Kesimpulan saya dalam penulisan ini mungkin bagaimana pentingnya SIM dengan perusahaan dapat berhubungan dengan baik karena saling menguntungkan satu denga yang lainya. Saran saya sistem menajemen yang baik dalam perusahaan akan berdampak baik pula dalam suatu perusahaan itu. Maaf kalau ada kesalahan dalam penulisan ini.

Refrensi :

  • Google
  • Yahoo
  • Wikipedia
  • blogger.kebumen.infodocsbab-i-gambaran-umum-sistem-informasi-manajemen.php
  • blog.re.or.id/struktur-sistem-informasi-manajemen.htm
  • http://definisi-pengertian.blogspot.com/2010/06/pengertian-sistem-informasi-manajemen.html
  • gudangmateri.com/2010/03/sistem-informasi-manajemen.html
  • mas-devid.blogspot.com/2009/02/pengertian-sistem-informasi-manajemen.html
  • kuliahbersama.com/definisi-sistem-informasi-manajemen.html
  • wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/fungsi-sistem-informasi-manajemen/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s